• Desember 19, 2023

Jakarta, 19 Desember 2023 – IPC Terminal Petikemas/IPC TPK kembali memberikan pembekalan melalui pelatihan keterampilan bagi warga disekitar Pelabuhan Tanjung Priok. Kali ini pelatihan keterampilan menyasar Ibu Kader PKK dan Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara melalui kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik. Bertempat di RPTRA Green Bisma, progam Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) IPC TPK ini diselenggarakan sebagai upaya dalam membangun ketahanan pangan, mendukung program pertanian perkotaan (urban farming) dan berkontribusi pada gerakan Jakarta Menanam yang digalakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Melalui program TJSL Kami akan terus mendorong pemberdayaan melalui berbagai bentuk pelatihan keterampilan masyarakat di ring 1 Pelabuhan Tanjung Priok sebagai salah satu wilayah operasi IPC TPK. Bukan hanya itu, IPC TPK juga mendukung program pemerintah daerah dalam gerakan menghijaukan Ibu Kota Jakarta melalui budidaya hidroponik,” ujar Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK.

Total 50 orang peserta pelatihan yang terdiri dari Ibu Kader PKK, Ibu Rumah Tangga dan pekerja RPTRA sangat antusias mengikuti Pelatihan Budidaya Hidroponik yang terselenggara atas kerjasama IPC TPK dan Kelurahan Papanggo. Kegiatan ini menghadirkan narasumber seorang praktisi hidroponik untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai hidroponik, memandu sesi praktek menanam dan memberikan sesi konsultasi kepada seluruh peserta pelatihan. Pada kesempatan ini IPC TPK membagikan peralatan menanam hidroponik berikut ratusan bibit tanaman sawi, kangkung dan selada kepada seluruh peserta agar dapat memulai menanam hidroponik di rumah.

“Saya senang sekali dan berterima kasih kepada IPC TPK yang sudah mengadakan pelatihan budidaya tanaman hidroponik di kelurahan Papanggo. Ini hal yang baru bagi saya. Semoga dengan mengikuti pelatihan ini dapat mulai bertani di rumah terlebih lagi kalau bisa menambah penghasilan. Pelatihan ini sangat bermanfaat.” kata Susi Wulandari, salah satu peserta pelatihan.

Selain untuk ketahanan pangan, pelatihan budidaya tanaman hidroponik tidak hanya bermanfaat bagi pengurangan limbah dan menggali potensi untuk menambah pemasukan dari para peserta. Pelatihan ini merupakan dukungan IPC TPK terhadap ajakan PJ Gubernur DKI Jakarta dalam mengurangi emisi dalam mengendalikan perubahan iklim yang terjadi belakangan ini. PJ Gubernur DKI juga menghimbau kepada setiap lini masyarakat untuk semakin gencar menanam bibit pohon produktif di sekitar lingkungannya masing-masing.

Di tahun 2023 melalui program TJSL, IPC TPK telah menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan membangun kemandirian masyarakat sekitar pelabuhan seperti Pelatihan Memasak Untuk Menumbuhkan UKM di Lampung, Pelatihan Soft Skill (Digital Marketing, Desain Grafis dan Operator Komputer Madya) beserta Sertifikasi Kompetensi dan Pelatihan Mengemudi beserta Penyediaan SIM untuk Pemuda Tuna Karya di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.